HARMONI KEDIRI

BUDAYA , KESENIAN DAN CIRI KHAS KEDIRI
Ngomong ngomong tentang Kediri kali ini saya akan menceritakan sedikit mengenai Kediri , Tapi ya mohon maaf kalau tidak begitu detail , ya karena ini hanya sebatas sepengetahuan saya saja hehehe :D . Langsung saja tak perlu berpanjang lebar lagi cekidot :D

BUDAYA SENI TIBAN
Yang pertama ada budaya yang khas dari Kediri yaitu tiban . Saya pernah melihat secara langsung kesenaian tiban ini , rasanya begitu mendebarkan , bagaimana tidak bayangkan saja orang saling sabet rotan tanpa pelindung apapun dan bekas sabetan sangat terlihat jelas di tubuh mereka .
Berdasarkan penuturan MC waktu saya melihat tiban dulu , tiban merupakan ritual meminta hujan yang sudah ada sejak zaman kerajaan Kediri . Tiban Kediri berasal dari desa Purwokerto Ngadiluwih Kabupaten Kediri . Tiban hingga saat kini pun masih sering dilakukan jika kemarau panjang melanda atau sekarang tiban malah menjadi hiburan saat ada pekan budaya .

TAHU KUNING KEDIRI
Yang kedua Tahu Kuning , Tahu kuning merupakan makanan khas Kediri . Disepanjang jalan Yos Sudarso sekitar klenteng terdapat toko oleh oleh yang menjual oleh oleh khas Kediri salah satunya tahu kuning tersebut .
Tahu kuning berwarna kuning bukan karena pewarna yang berbahaya . Asal warna kuning tersebut berasal dari kunyit  yang dihaluskan .

LOGAT KEDIRI
Yang ketiga ada Logat bahasa yang khas di Kediri yaitu ‘’ PEH ‘’ dan ‘’NDA’’ .
                     Langsung saja kecontoh  “peh” ya karena bingung menjelaskan hehehe :D :  Peh, Dani ngguuuaya saiki, wis sugih ga gelem aruh-aruh. Logat khas kediri yang kedua adalah “Nda”, kata ini  biasanya digunakan sebagai sapaan aja.
Contoh : Piye Kabare Ndaa?
Mungkin hanya sekedar itu yang saya tahu mengenai Budaya , Makanan dan Logat khas Kediri karena mungkin memang hanya itu tapi kayaknya gak mungkin hehehe :D dan TERIMA KASIH …..

Komentar